Jumat, 15 Maret 2013

Pengantar Keamanan Sistem Informasi



Ada 3 anacaman yang mungkin saja dapat membuat masalah dengan sistem informasi anda :
  • Confidentiality  :
Ancaman ini bisa menganggu file – file penting seseorang di mana akan membuat yang mempunyai data atau informasi tersebut jadi tidak nyaman. Ancaman jenis ini seperti orang yang bisa menembus password / kata sandi dari orang yang mempunyai data / informasi penting pada sebuah sistem nya dan masuk pada sistem tersebut.

  • Availability :
Ancaman ini bisa menganggu jika data – data atau informasi yang ada di dalam komputer jika masih tersedia. Maka akan terjadi ancaman keamanan pada sistem komputer kita, missal nya kita gagal mengakses data – data atau informasi yang ada pada komputer atau bisa saja data – data atau informasi tersebut mungkin saja akan hilang.

  • Integrity :
Ancaman ini bisa menganggu data yang satu dengan data yang lain nya.

Ada pun beberapa aspek yang perlu kita perhatikan dalam keamanan :
  • People (Social Aspects) :
Sebagian besar sumber masalah yang terjadi itu karena manusia yang biasa nya lalai dalam pekerjaan nya atau belum bisa bertanggnung jawab maka kemungkinan rusak nya atau bocor nya suatu sistem bisa di sebut itu karena manusia. Contoh nya misal seorang pegawai di suatu perusahaan menyimpan dendam pada pimpinan perusahaan maka bisa saja dia merusak atau membocor kan rahasia perusahaan tersebut.

  •  Technology (Technical Aspects) :
Pada aspek teknologi ini, kita sudah mengetahui tidak sedikit orang yang sudah bisa membuat virus dan menyebarkan nya pada sistem – sistem tertentu yang tentu nya akan menimbulkan kerugian yang besar.

  •  Context / Content Applications (Business Aspects) :
--> Secrecy :
Merupakan suatu perlindungan yang dapat melindungi data – data atau informasi dari ancaman kebocoran.

--> Integrity :
Merupakan suatu perlindungan untuk mencegah agar tidak terjadi pengubahan data tanpa izin.

-->Necessity :
Merupakan suatu perlindungan untuk mencegah ada nya keterlambatan dalam memproses suatu data atau informasi.

Sistem informasi pada komputer kita dapat di katakan aman jika :
è * Data – data atau informasi yang kita simpan masih tetap tersimpan
è * Data – data atau informasi yang kita simpan masih benar adanya
è * Data – data atau informasi yang kita simpan masih dapat ki gunakan atau masih bisa di buka
Jika data – data atau informasi yang kita punya di dalam komputer masih tersimpan, mash benar data – data nya dan masih dapat kita gunakan atau membuka data – data tersebut maka dapat di simpulkan data – data atau informasi yang ada di komputer kita masih aman dan masih dapat di gunakan seperti biasa nya.
Keamanan komputer atau Computer Security menurut pemahaman yang saya dapatkan yaitu untuk mengamankan atau melindungi suatu data atau informasi yang berharga yang ada di dalam komputer dari sesuatu yang bisa saja membahayakan data – data atau informasi yang berharga dari komputer kita.

Sekian dari penjelasan yang dapat saya tuliskan tentang pengantar keamanan sistem informasi sesuai dengan apa yang telah saya pahami tentang pengantar keamanan sistem informasi. Mohon maaf jika ada terjadi kesalahan dalam penulisan kata – kata , mohon maaf juga jika penjelasan yang saya tulis di atas masih kurang tepat , serta penjelasan yang saya pahami masih agak kurang. Terima kasih :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar