Jumat, 22 Maret 2013

Trend dan Potensi Kejahatan Komputer dan Internet Serta 4 Domain Kerawanannya


TREND DAN POTENSI KEJAHATAN KOMPUTER DAN INTERNET SERTA EMPAT DOMAIN KERAWANANNYA

Internet User
Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang hampir semua orang melakukan kegiatan nya melalui internet, tidak hanya anak – anak muda yang eksis menggunakan internet bahkan ibu – ibu mau pun bapak – bapak juga menggunakan internet untuk keperluan bisnis, ibu – ibu rumah tangga yang biasa nya mengintip resep makanan melalui internet jadi tidak perlu repot untuk membeli buku resep lagi karena bisa mencari resep yang mereka inginkan melalui internet atau pun keperluan transaksi lain nya hanya melalui internet. Inilah yang memicu bertambah nya pengguna internet .Semakin banyak nya orang yang melakukan transaksi di internet maka semakin besar potensi terjadi nya kejahatan di internet seperti melakukan penipuan, membuka online shop palsu jika pembeli sudah mentransferkan uang nya biasa nya barang yang mereka pesan tidak kunjung datang.

Transaction Value
Seperti yang kita ketahui di jaman sekarang jika kita melakukan transaksi di bank melalui internet, kita tidak perlu lagi repot – repot pergi ke bank untuk melakukan transfer, atau bayar tagihan telepon cellular misal nya, kita bisa melakukan transfer uang melalui internet mau itu dari smartphone, tablet, ipad, atau pun laptop. Tetapi walau pun tidak repot bukan berarti transaksi kita lakukan melalui itu aman karena semakin banyak orang yang melakukan setiap transaksi melalui internet maka semakin besar juga terjadi nya kejahatan melalui internet.

 Interection Frequensy
Banyak nya interaksi yang orang lakukan dengan internet, sehingga ada orang yang merasa itu adalah kebutuhan sehari – hari mereka dan tidak bisa tanpa jika tidak ada nya internet, misal nya orang yang hobi main game online itu menjadi suatu kebiasaan yang harus selalu berinteraksi dengan internet.
Communities Spectrum
Terdapat berbagai macam komunitas di dunia maya, tapi bukan berarti kita harus bergabung dengan setiap komunitas yang ada, karena bisa saja ada beberapa komunitas yang siapa tau hanya akan menjerumuskan kita dalam pergaulan yang tidak baik.

Usage Objective
Tujuan untuk menggunakan internet, setiap orang mempunyai tujuan tertentu dalam menggunakan internet. Tujuan menggunakan internet tidak hanya untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, atau menambah teman dalam jejaring social seperti facebook, path, twitter, line dll, tapi ada juga yang mempunyai tujuan jahat kepada orang yang menggunakan internet dalam kehidupan sehari – hari sehingga menimbulkan ancaman bagi orang yang sering menggunakan internet.

Empat Domain Kerawannya :
1.  Operating System Attack
Di mana Sistem Operasi yang banyak pengguna nya itu windows di banding linux. Maka dari itu banyak orang menyebar kan virus pada pengguna windows dari pada linux.
2. Application Level Attack
Di mana biasa nya kita mendownload sebuah aplikasi misal nya aplikasi edit foto, tapi kita tidak tau bahwa aplikasi tersebut sudah terkena virus, maka saat kita membuka aplikasi tersebut di komputer kita, maka komputer akan terserang virus.
3. Shrink Wrap Code Attack
Hal ini biasa nya terjadi pada komputer yang berjaringan, contoh nya komputer 1 mendownload aplikasi yang bervirus, bisa saja virus tersebut akan menyebar ke komputer – komputer lain nya.
4. Misconfiguration Attack
Hal ini biasa nya terjadi karena pengguna yang tidak berhati – hati saat menginstall suatu aplikasi, karena bisa saja apliksi yang di install sudah terinsfeksi virus dan akan menyebar ke komputer kita.
Sekian dari penjelasan saya, mohon maaf jika ada kesalahan pada penulisan di atas. terima kasih. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar