Rabu, 05 Juni 2013

Email Security


Email Security

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas sedikit tentang email security yang saya dapatkan dari hasil pembelajaran pada mata kuliah keamanan sistem informasi.
Email merupakan bagian terpenting untuk melakukan aktifivas kita di dunia maya, seperti log in di account – account misalnya facebook, twitter, wechat, dll.
Karena tanpa email, kita tidak bisa mengakses account kita. Maka dari itu, email mempunyai beberapa masalah :
->  email dapat di palsukan
->  di masuki virus
-> di spamming
-> mailbomb
-> mailrelay

Email mempunyai 2 komponen penting, yaitu :
->  Mail User Agent (MUA) : email berhubungan dengan menulis, membaca, mengirim dan menyimpan sebuah pesan. Contoh nya : Pegasus, Eudora dll.
-> Mail Transfer Agent (MTA) : sebuah server yang bertugas untuk mengirim email dan menerima email. Contoh nya : sendmail.

Untuk menghindari email palsu dan sebagainya, ada baiknya kita memeriksa email masuk, pada header email.di dalam header email akan muncul informasi tentang pengirim, tujuan pengirim dan juga berisi tentang informasi yang di lalui pengirim saat mengirim email tersebut. Ada juga Body email yang berisi pesan atau dengan kata lain email yang di tulis.

Biasanya email kita di kirimi pesan yang berbentuk spamming, spamming biasanya di krim hanya untuk promosi saja tentang produk yang mereka jual, spamming biasanya di kirim kepada banyak orang yang tidak berkaitan, semata – mata untuk mempromosikan saja.

Mailbomb : mengirim banyak email ke satu alamat tujuan, untuk menghindari terjadinya mailbomb maka kita setidaknya harus membatasi ukuran email.

Mailrelay : menggunakan server orang lain (orang tidak di kenal) untuk bertujuan mengirimi email palsu, spamming dll.
Sekian yang dapat saya jelaskan tentang email security, semoga bermanfaat. Terima kasih. God Bless :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar